Koordinasi Persiapan Akreditasi SMA Birrul Walidain NWDI Rensing

  • Selasa, 21 Juni 2022 - 14:12:34 WIB
  • Itsmabirrul
Koordinasi Persiapan Akreditasi SMA Birrul Walidain NWDI Rensing

SMABirrul Rensing_ Menghadapi akreditasi sekolah tahun 2022, SMA Birrul Walidain NWDI Rensing menggelar Rapat Koordinasi dengan Pengawas Pembina dan Pendamping Akreditasi SMA Birrul Walidain NWDI Rensing pada hari Sabtu tanggal 18 Juni 2022

Akreditasi adalah kegiatan penilaian kelayakan program dan/atau satuan pendidikan berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan (UU Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sisdiknas, pasal 1 ayat 22). Akreditasi sekolah/madrasah adalah proses penilaian secara komprehensif terhadap kelayakan satuan atau program pendidikan, yang hasilnya diwujudkan dalam bentuk pengakuan dan peringkat kelayakan yang dikeluar kan oleh suatu lembaga yang mandiri dan profesional.

Bagi kepala sekolah, hasil akreditasi diharapkan dapat dijadikan bahan informasi untuk pemetaan indikator kelayakan sekolah, kinerja warga sekolah, termasuk kinerja kepala sekolah selama periode kepemimpinannya.

Di samping itu, hasil akreditasi juga diperlukan kepala sekolah sebagai bahan masukan untuk penyusunan program serta RKAS.

Bagi guru, hasil akreditasi merupakan dorongan untuk selalu meningkatkan diri dan bekerja keras dalam memberikan layanan terbaik bagi peserta didik guna mempertahankan dan meningkatkan mutu sekolah/madrasah. Secara moral, guru senang bekerja di sekolah/madrasah yang diakui sebagai sekolah/madrasah bermutu.

Rapat yang dihadiri semua guru, pegawai, kepala sekolah beserta Pengawas Sekolah dan juga hadir salah satu anggota BAN S/M ibu Doktor Baiq Fatmawati  semuanya berkumpul di ruang guru yang dimulai dari jam 10:00 s/d selesai,

Rapat Koordinasi persiapan akreditasi SMA Birrul Walidain NWDI Rensing dipimpin langsung oleh Kepala SMA Birrul Walidain NWDI Rensing, H, Moh. Nizar, S.Pd. Dalam sambutannya beliau mengatakan, bahwa  akreditasi merupakan nyawa sekolah karena bisa berefek ke anak didik, dalam masalah akreditasi semua pihak bekerja sama jadi sebelum asesor terjun ke lapangan melakukan penilaian akreditasi Sekolah, seluruh dewan guru, kurukulum, kepala sekolah, yang telah di berikan tugas berdasarkan butir-butir akreditasi yang masing-masing harus mempersiapkan secara matang terutama harus di sertai bukti fisik. “Masalah SDM guru harus dipersiapkan secara matang harus memenuhi standar akreditasi tersebut”, tambah Kepala Sekolah SMA Birrul Walidain NWDI Rensing.

Toto Raharjo, S.Pd, M.Pd, selaku Pengawas Pembina  dan Doktor Baiq Fatmawati, M.Pd selaku Pendamping Akreditasi dan sekaligus Narasumber memberikan arahan, masukan, saran dan penjelasan dalam menghadapi persiapan akreditasi sekolah nanti.

Rapat ini bertujuan supaya SMA Birrul Walidain NWDI Rensing dapat mempertahankan predikat akreditasi sekolah yang sebelumnya SMA Birrul Walidain NWDI Rensing yang semula A, pungkas Doktor Baiq Fatmawati.

Hubbus Salim, M.Pd.I selaku koordinator Team menambahkan  akreditasi A itu tidak mustahil jika kita semua pihak sekolah mau bekerja sama “ saran saya semua pihak yang bertanggung jawab tentang akreditasi ini harus memperhatikan hal paling penting yaitu, berkolaborasi dan berdiskusi tentang 4 standar akreditasi, dan juga semua guru wajib membuat RPP dan Dokumen Administrasi Guru”. imbuhnya

Ia pun mengajak para pegawai dan guru meningkatkan kerja sama dengan baik menghadapi akreditasi mudah-mudahan mendapat nilai yang terbaik dan bisa mempertahankan akreditasi sebelumnya.

Setelah pembahasan selesai kepala sekolah menutup rapat tersebut dan mengatakan kepada seluruh staf “ maju tidak majunya sekolah adalah bagaimana semua pihak sekolah berpartisipasi untuk memajukan sekolah, kita ingin agar sekolah yang kita cintai ini tidak berjalan ditempat”.(teamITSMABirul)

  • Selasa, 21 Juni 2022 - 14:12:34 WIB
  • Itsmabirrul

Berita Terkait Lainnya